ANIME, Film Animasi Jepang Yang Gagal

anime film animasi jepang

Anime, Film Animasi Jepang Yang Gagal

Anime, Film Animasi Jepang Yang Gagal – Siapa sih yang nggak tau anime? Film animasi asal jepang ini begitu populer di seluruh dunia dan disukai banyak kalangan, tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa yang telah berkeluarga pun banyak yang suka dengan anime.

Jadi, kenapa Anime bisa menjadi begitu populer?

Hal ini dikarenakan kebanyakan anime merupakan hasil adaptasi dari Manga atau Novel yang memiliki jalan cerita yang unik, penuh trik, imajinasi, dan banyak lagi yang semuanya terasa begitu hidup bahkan masih dalam bentuk Manga dan Novel. 

Lalu Setelah diadaptasi menjadi sebuah film animasi yang kita sebut anime, segala unsur dari manga dan novel tersebut dibuat menjadi nyata, bergerak, hidup. Dan hal ini bahkan dapat membuat kita berdebar ketika menonton sebuah anime, terkadang dalam hati sampai berkata “menakjubkan”.

Dan itulah salah satu daya tarik anime. Cerita dalam anime juga tergolong cukup panjang sampai bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai puluhan tahun sampai tamat. Ada juga yang malah dari ane belum lahir tu anime udah ada sampe ane udah berusia sekian tahun itu anime masih eksis.


BACA JUGA: Lagu-Lagu Anime Pembangkit Semangat & Mood Booster terbaik

Anime memiliki grafik yang lebih baik dibanding animasi sejenisnya yaitu kartun-kartun barat. Story anime juga lebih dalam dan sangat sulit ditebak, itulah yang membuat animasi yang satu ini lebih populer daripada kartun barat.

Lalu kartun Jepang ini, banyak juga yang diangkat menjadi film nyata atau lebih sering disebut sebagai Live Action. Karena ceritanya memang layak untuk diangkat menjadi film layar lebar. Beberapa favorit penulis sendiri adalah Live Action nya Death Note dan Rurouni Kenshin, hasilnya benar-benar sangat bagus dan layak diacungi jempol.

Baiklah kita kembali pada topik, jika dibandingkan dengan kartun barat anime layak dikatakan lebih baik dari berbagai segi dan sumber, lalu bagaimana jika dibandingkan dengan film yang nyata, seperti Movie, dan drama?

Anime memang kebanyakan mengambil tema kehidupan layaknya kehidupan sehari-hari manusia di dunia nyata. Sama halnya seperti drama dan movie,  Tapi ada perbedaan yang mencolok antara anime dan dunia nyata. Dan apa kegagalan anime?

Anime terlalu berlebihan, dan banyak membuat hal yang tidak akan pernah terjadi di dunia nyata tapi hanya di anime. Ya, misalnya seperti “hanya di Anime, seorang laki-laki biasa, kurus kerempeng, dan parahnya lagi bokek alias miskin malah dikelilingi cewek-cewek seksi nan cantik”. Tentunya hal ini tidak akan ada di dunia kehidupan nyata, it’s no logic, only in anime.

cowok anime harem

Dalam Hal ini, Anime telah gagal membuat kehidupan suasana yang terasa nyata. Malah yang dibuat oleh anime itu tidak pernah nyata <(“) dan ada banyak sekali kegagalan seperti ini yang dibuat oleh Produser anime.

BACA JUGA: Lagu Lagu Anime Terbaik untuk Suasana Malam

Tapi untuk sebuah film untuk dinikmati, anime merupakan salah satu pilihan terbaik, karena itulah banyak orang khususnya para jomblo yang tergila-gila oleh anime dan mengkhayal berlebihan berharap mereka karakter anime. Bahkan ada yang sampai melakukan hal yang mainstream seperti f*p-f*p terhadap karakter anime.

Tapi itu hak mereka sebagai manusia yang bebas, jadi ane secara pribadi juga nggak akan melarang :’v 

Kita lanjut, selain unsur story, anime juga mempunyai banyak Original SoundTrack (OST) yang bagus dan ini membuat banyak orang menjadi suka lagu Jepang, yah contohnya ane. Hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi para musisi Jepang, dengan menitipkan salah satu lagu mereka untuk mengisi opening/ending sebuah anime maka mereka akan langsung dikenal.

Karena itulah sekarang banyak dikenal nama-nama seperti One Ok Rock, Radwimps, Flow, Aqua Timez, Does, Yui, dll… 

BACA JUGA : Kumpulan Soundtrack Kimi no Na Wa Lengkap Mp3 Download

 Lalu, sekarang kita akan ngebahas penggemar anime, nama atau sebutan untuk fans anime yang populer adalah “Otaku” dan “Wibu”. Lalu apakah bedanya kedua hal ini? Secara pribadi saya menganggapnya sama saja, gak akan ngebahas terlalu dalam soal itu, tapi tergantung orangnya.

Agar tidak menimbulkan perdebatan, jika seseorang ingin disebut sebagai “otaku” maka hargai saja dan akui dia sebagai otaku, sebut dia sebagai otaku. Dan jika orang lainnya gak suka dipanggil otaku dan lebih mengakui dirinya sebagai “wibu”, maka hargai saja dan jangan saling menyalahkan satu sama lain.

Baiklah kembali lagi ke topik, kegagaln berikutnya dari Animasi Jepang ini adalah selalu memberikan ending yang gantung dan tidak selesai, memang benar sebuah film itu merupakan kebebasan produser mau membuat ending seperti apa, tapi ending yang “selesai” itu lebih baik dari ending yang “gantung”.

Inilah salah satu kegagalan anime yang selalu memberikan ending gantung yang membuat penikmatnya ngerasa sakit hati sendiri. Manganya memang mungkin masih berlanjut, tapi tidak semua penikmat anime itu suka baca manga, jadi itu merupakan sebuah ketidakadilan tersendiri bagi mereka.

No Game No Life salah satu anime gantung

Contohnya adalah No Game No Life, anime yang cukup populer beberapa tahun lalu ini dengan cerita yang gantung sampai sekarang masih belum ada kabarnya. Inilah salah satu kegagalan anime, gagal memuaskan penontonnya.

Lalu, kegagalan anime yang terakhir adalah genre nya yang terkadang tidak terlalu jelas dan banyak memuat konten vulgar juga tidak sesuai genre, yang membuat anime yang seharusnya tidak cocok ditonton anak di bawah umur malah jadi ke tonton karena salah pilih genre.

Si anaknya sih malah senang mungkin, tapi tanpa mereka sadari itu berdampak buruk bagi perkembangan jiwa mereka. Yah, seperti itulah yang kebanyakan terjadi saat ini.

Kesimpulan

 Baiklah, kesimpulan yang dapat kita ambil adalah anime sebenarnya tidak benar-benar gagal, ini dibuktikan dengan banyaknya penggemarnya. Namun beberapa hal diatas lah yang membuat anime dapat di cap sebagai film gagal. Tapi ya artikel ini dibuat hanya sebagai referensi.

Bukan untuk membully atau menyalahkan anime dan menyuruh kalian brenti nonton anime. Dan sebagai penulis saya mohon maaf jika ada salah dalam penulisan kata, saya pamit dulu xD

 BACA JUGA : Cara Membuat Foto Profil Facebook Bergerak

BACA JUGA : Kumpulan Lagu Nostalgia Soundtrack Anime Yang Pernah tayang di Indonesia

  • anime
  • anime gagal

Add your comment

Your email address will not be published.